Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Usulan Perbaikan Proses Produksi Dengan Value Stream Mapping Di PT. Toba Surimi Industries

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Usulan Perbaikan Proses Produksi Dengan Value Stream Mapping Di PT. Toba Surimi Industries. Tingkat persaingan di dunia usaha yang semakin tinggi menuntut setiap perusahaan berperan sebagai penghasil nilai (value creator), dengan memperbaiki performansinya secara terus menerus dengan melakukan peningkatan produktivitas. Salah satu upaya dalam peningkatan produktivitas adalah dengan meminimisasi waste. Menurut Toyota terdapat 7 jenis pemborosan (Waste) yaitu overproduction, transportation, inventory, overprocessing, motion, waiting dan defect.

Pengurangan waste dimaksudkan agar waktu yang digunakan dalam proses produksi adalah berupa value added time, sehingga meningkatkan efesiensi penggunaan sumber daya dan lead time dapat dikurangi. PT. Toba Surimi Industries bergerak dibidang pengolahan dan pengalengan hasil laut yang ditujukan untuk pasar luar negeri. Persaingan yang ketat menyebabkan perusahaan harus memiliki harga jual produk yang mampu bersaing, dan untuk mempertahankan pangsa pasar, perusahaan harus berusaha memenuhi permintaan dengan cepat.

Proses produksi yang berlangsung di perusahaan menunjukkan adanya non-value added Time antara lain pemindahan material yang berlebihan pada bagian picking (pengopekan daging rajungan) karena membutuhkan waktu yang lebih lama dari waktu menempuh jarak perpindahan yang sebenarnya, pekerja yang menunggu kedatangan bahan, dan waktu menunggu material pada proses packing dan pemberian kode. Keadaan tersebut menyebabkan product lead time semakin panjang. Lead time panjang dari bahan masuk yang menunggu untuk dikerjakan sampai proses pasteurisasi juga mempengaruhi timbulnya waste lain seperti adanya produk defect. Oleh karena itu diperlukan upaya pengurangan non value added time.

Pendekatan konsep Lean Manufacturing perlu diterapkan dengan menggunakan tool Value Stream Mapping (VSM). Tahapan yang dilakukan adalah memetakan kondisi produksi yang berlangsung (current state map) sebagai dasar untuk menganalisa pemborosan yang terdapat disepanjang value stream. Pemborosan yang ada dikaji solusi pemecahannya berdasarkan konsep lean manufacturing dan disusun usulan perbaikan (future state map). Usulan perbaikan akan dirumuskan dalam strategi implementasi untuk membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan. Pengurangan leadtime yang diharapkan dapat dicapai melalui perbaikan yang dilakukan adalah 26.45%. Pengurangan leadtime yang dicapai dapat lebih tinggi bila implementasi telah dilakukan dan bersifat continuous improvement. Usaha perbaikan akan lebih berhasil bila terdapat komitmen manajemen dan pekerja untuk melakukan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar