Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Usulan Perbaikan Postur Kerja Operator Dengan Menggunakan Metode Ovako Working Posture Analysis System (OWAS) di Terminal Kargo Polonia

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Usulan Perbaikan Postur Kerja Operator Dengan Menggunakan Metode Ovako Working Posture Analysis System (OWAS) di Terminal Kargo Polonia. Kecelakaan, keselamatan, kesehatan dan kenyamanan kerja harus perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi postur kerja yang tidak aman bagi pekerja serta merekomendasikan perbaikan dan perancangan alat bantu. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan studi lapangan dan wawancara terhadap pekerja untuk mendapatkan data yang diinginkan.

Data tersebut adalah data postur pekerja yang meliputi punggung, lengan dan kaki untuk dilakukan pengolahan data dengan menggunakan metode OWAS. Output yang didapat berupa pengelompokkan sikap kerja dan rekomendasi untuk perbaikan (Recommendation for Action) yang menunjukkan apakah postur kerja yang dilakukan sudah aman.

Tahapan-tahapan kerja yang diamati yaitu tahapan persiapan, proses menjangkau, mengangkat, membawa barang ke trolley dan proses melepas dan menyusun barang di atas trolley layer 1, 2 dan 3. Dari data tersebut teridentifikasi sebanyak 2 postur kerja masuk kategori 1 yang berarti ”Aman pada sistem musculoskeletal”, tidak perlu perbaikan, 4 postur masuk kategori 2 yang berarti ”Berbahaya pada sistem musculoskeletal”, perlu perbaikan dimasa yang akan datang dan 1 postur kerja masuk kategori 4 yaitu perlu dilakukan saat ini juga. Rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan adalah mengubah serta memberikan usulan perancangan alat bantu untuk memperbaiki sikap kerja operator terlebih dahulu menghitung data anthropometri operator untuk mendapatkan data persentil dari dimensi-dimensi yang diukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar