Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Penentuan Alternatif Optimal Pencegahan Kecelakaan Kerja Berdasarkan Kriteria Cost Benefit Ratio Pada PT. HIGH STEELINDO ERANUSA

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Penentuan Alternatif Optimal Pencegahan Kecelakaan Kerja Berdasarkan Kriteria Cost Benefit Ratio Pada PT. HIGH STEELINDO ERANUSA. PT.High Steelindo Eranusa adalah perusahaan pengolah besi yang memproduksi alat – alat pengolahan pabrik kelapa sawit terutama lori. Masalah keselamatan kerja merupakan salah satu titik perhatian utama PT.High Steelindo Eranusa dikarenakan meningkatnya jumlah kecelakaan kerja dari tahun 2008 sampai dengan 2010. Kecelakaan kerja yang sering terjadi yaitu pada stasiun kerja pengukuran dan pemotongan, penggerindaan, penyambungan dan pengelasan.

Tetapi setelah di analisa dengan seven tools dan perhitungan berdasarkan saverity rate tertinggi maka stasiun kerja pengukuran dan pemotongan, dan pengelasan yang dilanjutkan ke metode fault tree analysis. Data hasil pengamatan menunjukkan bahwa frekuensi kecelakaan yang terjadi pada stasiun kerja pengukuran dan pemotongan sebanyak 9 kali, dan stasiun kerja pengelasan sebanyak 8 kali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dengan analisa seven tools sebagai masukan untuk mencari penyebab dasar terjadinya kecelakaan dengan menggunakan metode fault tree analysis (FTA) dan pemilihan alternatif pencegahan kecelakaan kerja berdasarkan metode cost benefit ratio (CBR).

Hasil analisa dan pemecahan masalah yang telah dilakukan pada setiap lokasi terjadinya kecelakaan diperoleh beberapa alternatif berdasarkan nilai cost benefit ratio yang terendah. Alternatif pencegahan kecelakaan pada stasiun kerja pengukuran dan pemotongan adalah alternatif 3 yaitu memberikan pelindung kaki dengan nilai cost benefit ratio sebesar Rp.2.606.880,418 dan berdasarkan fault tree, basic event yang paling dominan penyebab kecelakaan adalah safety shoes rusak sedangkan alternatif pencegahan kecelakaan pada stasiun kerja pengelasan adalah alternatif 2 yaitu memberi face shield dengan nilai cost benefit ratio sebesar Rp.664.871,8901 dan berdasarkan fault tree, basic event yang paling dominan penyebab kecelakaan adalah face shield rusak. Alternatif tersebut diharapkan dapat berhasil dalam menekan jumlah kecelakaan yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar