Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Penentuan Umur Ekonomis Mesin Sheeter Dengan Metode Biaya Tahunan Rata-Rata Di PTPN III Gunung Para Tebing Tinggi

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Penentuan Umur Ekonomis Mesin Sheeter Dengan Metode Biaya Tahunan Rata-Rata Di PTPN III Gunung Para Tebing Tinggi. Industri manufaktur merupakan sistem yang disusun dan didukung oleh setiap subsistemnya. Salah satunya adalah mutu produk yang sangat mempengaruhi kedudukan perusahaan dalam persaingan industri. PT. Perkebunan Nusantara III Kebun Gunung Para adalah perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur yang memproduksi Rubber Smoke Sheet (RSS).

Permasalahan sering timbul di lantai produksi, terutama menyangkut mesin-mesin produksi di PTPN-III Kebun Gunung Para. Mesin dan peralatan yang di gunakan mempunyai kemampuan untuk berproduksi, tetapi secara ekonomis suatu mesin dan peralatan tidak selamanya menguntungkan untuk dipergunakan selama masa operasinya. Masa dimana mesin sudah tidak menguntungkan lagi, maka saat itulah umur ekonomis berakhir.

Bila umur ekonomis suatu mesin sudah dilampaui, mesin tersebut umumnya mengalami gangguan seperti frekwensi kerusakan bertambah tinggi yang mengakibatkan naiknya ongkos pemeliharaan mesin, menurunnya kapasitas produksi dan bahkan kemungkinan kwalitas produksi menjadi diluar standar. Bertambahnya umur mesin dan peralatan, maka biaya yang di keluarkan semakin bertambah. Kondisi ini akan menyebabkan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan akan berkurang juga. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan umur ekonomis mesin sheeter yang berfungsi menggiling koagulum.

Pemecahan masalah ini, peneliti menggunakan metode biaya tahunan rata-rata untuk menentukan umur ekonomis dari mesin sheeter. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapati total biaya tahunan rata-rata pada tahun ke-10 adalah total biaya tahunan rata-rata terkecil dari mesin sheeter. Total biaya tahunan rata-rata setelah tahun ke-10 didapati terus meningkat dalam perhitungan peramalan tahun berikutnya dari umur ekonomis mesin sheeter. Diperoleh kesimpulan umur ekonomis dari mesin sheeter adalah 10 tahun, setelah 10 tahun total biaya dalam pengoperasian mesin sheeter akan terus meningkat seiring bertambah umur mesin sheeter. Setelah umur 10 tahun maka berakhirlah umur ekonomis dari mesin sheeter. Semakin tua umur mesin sheeter setelah tahun ke-10 maka akan semakin besar biaya operasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar