Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Analisis Rancangan Fasilitas Kerja Pada Stasiun Pembentukan Untuk Meningkatkan Produktivitas di Cirasa Bakery

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Analisis Rancangan Fasilitas Kerja Pada Stasiun Pembentukan Untuk Meningkatkan Produktivitas di Cirasa Bakery. Cirasa Bakery merupakan Industri kecil yang bergerak dalam bidang pembuatan roti. Proses produksi pada Cirasa Bakery sebagian besar dilakukan secara manual dengan posisi tubuh yang tidak ergonomis. Pada stasiun pembentukan dilakukan proses penipisan adonan. Operator melakukan pekerjaannya dengan posisi kerja berdiri, dan alat bantu penipisan adonan yang digunakan tidak sesuai dengan antropometri pekerja.

Aktifitas kerja tersebut dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama sehingga menimbulkan musculosceletal disorder. Timbulnya musculosceletal disorder pada operator dapat mengurangi waktu kerja produktif operator sehingga waktu proses penipisan adonan menjadi menjadi lebih panjang. Penelitian ini bertujuan merancang alat bantu penipisan adonan dan fasilitas kerja berupa kursi kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mengurangi tingkat keluhan pekerja Hasil SNQ menunjukkan setiap operator memiliki keluhan yang tidak jauh berbeda, hal ini disebabkan karena setiap pekerja mempunyai tugas yang sama.

Salah satu tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan merancang alat bantu penipisan adonan dan menambahkan fasilitas kerja berupa kursi kerja. Perbaikan juga dilakukan terhadap metode kerja sesuai dengan usulan rancangan fasilitas kerja yang baru. Dengan mengimplementasikan alat Bantu penipisan adonan dan fasilitas kerja usulan di peroleh penurunan waktu kerja sebesar 8.2 % dan hasil dari rekapitulasi SNQ berkurang sebesar 33.3 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar