Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan, dan Organisasi, Serta Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Motivasi Kerja di PT. Sumbetri Megah

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan, dan Organisasi, Serta Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Motivasi Kerja di PT. Sumbetri Megah. PT. Sumbetri Megah adalah salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan tiang listrik beton pra tegang yang ada di Sumatera Utara dimana perusahaan ini memiliki nilai jual produksi yang tinggi.

Dengan sejalannya kegiatan produksi yang tinggi, karyawan yang bekerja di perusahaan sangat kurang diperhatikan kesejahteraanya sehingga motivasi kerja karyawan tidak seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Karyawan PT. Sumbetri Megah yang bekerja sebaiknya diperlakukan sebaik-baiknya, agar karyawan mempunyai kinerja yang baik dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Manajer atau pimpinan seharusnya juga mengetahui kemampuan yang dimiliki karyawan dan kebutuhan – kebutuhan yang diperlukan sebagai pendukung dalam bekerja, sehingga kinerja karyawan bagus dan pekerjaan dapat diselesaikan lebih efektif dan efisien.

Dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang permasalahan di perusahaan PT. Sumbetri Megah adalah seringnya terjadi keluhan karyawan terhadap kurangnya kepuasan yang diberikan perusahaan, tidak adanya pemberian promosi kepada karyawan berprestasi, pemberian gaji disaat pabrik tidak beroperasi, dan penambahan transportasi karyawan. Hal ini yang menyebabkan rendahnya motivasi karyawan untuk melaksanakan pekerjaanya. Penelitian ini menganalisa pengaruh antara karakteristik individu, karakteritik pekerjaan, karakteristik organisasi, kepuasan kerja, serta motivasi kerja karyawan. Metode yang digunakan untuk menganalisa kelima variabel ini adalah Struktural Equation Modeling dengan menggunakan bantuan software Amos versi 16.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Kerja karyawan PT. Sumbetri Megah mempunyai pengaruh total terhadap kepuasan kerja dengan nilai estimasi sebesar 3,353. Karakteristik Organisasi mempunyai pengaruh total terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai estimasi sebesar 2,306. Karakteristik organisasi, karakteristik individu, dan karakteristik pekerjaan tidak mempunyai pengaruh total terhadap motivasi kerja karyawan.

Motivasi kerja karyawan mempunyai pengaruh langsung terhadap kepuasan kerja dengan nilai estimasi 3,353. Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan Karakteristik organisasi mempunyai hubungan secara tidak langsung terhadap kepuasan kerja dengan nilai estimasi 4,391. Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan karakteristik organisasi tidak mempunyai hubungan secara tidak langsung terhadap motivasi kerja karyawan. Dengan demikian Perusahaan harus membenahi kebijakan untuk karakteristik organisasi yang dimilikinya agar motivasi kerja karyawan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar