Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Perencanaan Tata Letak Gudang Produk Jadi di PT. Gold Coin Indonesia dengan Metode Storage and Retreival

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Perencanaan Tata Letak Gudang Produk Jadi di PT. Gold Coin Indonesia dengan Metode Storage and Retreival. Gudang merupakan tempat penyimpanan material, bahan baku, produk jadi, peralatan, dan lain-lain. Hal terpenting dalam gudang adalah untuk mengurus dan menyimpan barang-barang yang siap untuk didistribusikan pada waktu yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Tujuan perancangan gudang adalah untuk meminimalkan biaya pengadaan dan pengoperasian sebuah gudang. PT Gold Coin Indonesia adalah industri yang bergerak dalam pembuatan pakan ternak. Pada sistem pergudangan pada PT Gold Coin Indonesia, setiap produk tidak memiliki tempat tertentu di dalam gudang, jika ada produk yang masuk akan ditempatkan pada sembarang tempat padahal produk pakan ternak ini memiliki batas masa pemakaian (expired period), sehingga sistem penyimpanan harus berbasis FIFO dimana pada saat pendistribusian barang harus dipilih terlebih dahulu produk yang memiliki expired date tersingkat.

Hal ini menyebabkan waktu pencarian barang lebih lama dan jarak tempuh yang lebih panjang bagi operator dan material handling yang digunakan. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dalam penelitian ini dilakukan perencanaan tata letak gudang produk jadi dengan metode Storage and Retreival. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendapatkan rancangan tata letak lokasi penyimpanan masing-masing produk jadi yang lebih efektif untuk meminimalkan jarak transportasi (distance travelled) pada gudang. Dari pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan diperoleh penyususunan produk jadi yang tetap, dimana slot yang tersedia 196 slot. Slot yang di terpakai untuk produk jadi 147 slot dan 49 slot untuk cadangan jika terjadi peningkatan penyimpanan dalam gudang.

Jarak perjalanan total yang dihasilkan adalah 7194,79 m/hari sedangkan jarak perjalanan total pada kondisi gudang sekarang adalah 27542 m/hari yang nilainya selalu berubah setiap harinya. Luas gudang pada saat ini adalah 1476,59 m2. Setelah dilakukan perencanaan tata letak gudang, maka pemakaian gudang adalah 1146,73 m2, sehingga menghemat pemakaian gudang sebesar 22,34%. Diharapkan dengan penerapan hasil penelitian ini permasalahan ketidakteraturan dalam penenpatan produk jadi di gudang produk jadi sehingga membutuhkan waktu yang yang lebih lama dan jarak angkut total produk (distance travelled) menjadi lebih panjang dapat diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar