Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Analisa dan Penerapan Statistical Quality Control (SQC) dengan Perbaikan Kualitas Smoke Sheet di PTPN III Kebun Gunung Para

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Analisa dan Penerapan Statistical Quality Control (SQC) dengan Perbaikan Kualitas Smoke Sheet di PTPN III Kebun Gunung Para. Kualitas produk yang baik merupakan persyaratan penting bagi perusahaan untuk memperoleh daya saing produknya di pasaran.

Kemampuan bersaing yang tinggi merupakan kunci yang menentukan perusahaan dapat bertahan dan dapat memenangkan persaingan dalam perdagangan bebas. Mutu produk yang baik perlu diciptakan dan program pengawasan kualitas yang efektif dilakukan agar dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Metode Statistical Quality Control (SQC)digunakan untuk evaluasi kinerja kontrol kualitas proses produksi sehingga dihasilkan produk yang berkualitas.

Penelitian ini dilakukan di PTP. III Kebun Gunung Para, dimana perusahaan ini memproduksi Lembaran Smoked Sheet (RSSI, RSSII, RSSIII dan Cutting) dan Crumb Rubber. Data yang digunakan adalah data syarat mutu Sheet RSS I, yaitu gelembung udara, kadar jamur dan kadar kotoran. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode SQC dengan peta control P dan peta kontrol U, dilanjutkan dengan membuat diagram sebab akibat guna mengetahui penyebab produk berada diluar batas kendali statistik.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan untuk gelembung udara 72,56 % tidak memenuhi standar mutu, serta untuk lembaran sheet berjamur dan yang mengandung kadar kotoran 15,66 % dan 11,77 % juga tidak memenuhi persyaratan mutu. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dengan diagram sebab akibat dapat diidentifikasi faktor-faktor penyebab penyimpangan kualitas seperti faktor bahan baku yang terlalu matang, faktor metode kerja yang terjadi penyimpangan pada pelaksanaan kerja, faktor mesin yang kurang mendapatkan perawatan yang preventif, faktor operator dimana kurang mematuhi standart operasi pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar