Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Pengaruh Kenaikan Temperatur dan Lamanya Waktu Pengasapan Terhadap Mutu Produk Ribbed Smoke Sheet (RSS) Menggunakan Anava Pada Pabrik Karet PTPN III Gunung Para

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Pengaruh Kenaikan Temperatur dan Lamanya Waktu Pengasapan Terhadap Mutu Produk Ribbed Smoke Sheet (RSS) Menggunakan Anava Pada Pabrik Karet PTPN III Gunung Para. Pabrik karet pengolahan sheet Kebun Gunung Para, merupakan unit usaha yang dimiliki PT. Perkebunan Nusantara III bergerak dalam bidang pengolahan lateks cair menjadi Ribbed Smoke Sheet (RSS).

Pabrik ini terletak di Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai, berjarak ± 112 Km dari Medan menuju Pematang Siantar. Dari hasil pengamatan di lapangan diperoleh informasi terhadap pabrik pengolahan sheet PT. Perkebunan Nusantara III Gunung Para perlu adanya perbaikan mutu keluaran dari hasil pengolahannya.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya perbaikan keluaran hasil pengolahan. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi mutu adalah saat proses pengasapan sheet di kamar asap. Dengan pengendalian temperatur dan lamanya waktu pengasapan yang optimal akan didapati keluaran Ribbed Smoke Sheet yang bermutu baik. Proses pengasapan dilakukan pada 24 lembar koagulum setelah proses pengepressan dan disusun pada lori.

Kemudian diamati faktor temperatur dan lamanya waktu penagasapan yang digunakan yaitu penggunaan temperatur awal 35⁰C dengan 4 hari pengasapan, penggunaan temperatur awal 35⁰C dengan 5 hari pengasapan, penggunaan temperatur awal 45⁰C dengan 4 hari pengasapan, dan penggunaan temperatur awal 45⁰C dengan 5 hari pengasapan.

Hasil perlakuan tersebut diukur dengan menimbang massa dari Ribbed Smoke Sheet yang baik dan yang kurang baik masing-masing lembarannya untuk mendapatkan persentase Ribbed Smoke Sheet yang baik sebagai data yang dikumpulkan untuk selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan melakukan uji kenormalan dengan chi-kuadrat, melakukan uji keragaman data, melakukan pengujian Anava, pengujian setelah Anava dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ), dan penentuan titik optimal yang diharapkan.

Hasil akhir yang diperoleh pada penelitian ini adalah usulan penggunaan temperatur awal 45⁰C dengan lamanya waktu pengasapan selama 4,004 hari untuk proses pengasapan. Hal ini akan mendapatkan hasil yang optimal untuk mutu produk Ribbed Smoke Sheet yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar