Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja pada Bagian Finishing di PT. High Steelindo Eranusa Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja pada Bagian Finishing di PT. High Steelindo Eranusa Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan. PT. High Steelindo Eranusa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan plat logam untuk menghasilkan peralatan pabrik kelapa sawit. Perusahaan ini berlokasi di Kelurahan Siumbut-umbut, Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Perusahaan perlu adanya penambahan jumlah tenaga kerja yang lebih optimal, karena beban kerja yang dirasakan oleh tenaga kerja dibagian finishing sangat besar.

Kekurangan tenaga kerja ini juga mengakibatkan tidak tercapainya target produksi tiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar beban yang dirasakan oleh tenaga kerja dibagian finishing pada setiap hari kerja. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan yaitu pertama menyebarkan kuesioner Standard Nordic Body Map Questioneir (SNQ) kepada tenaga kerja, kemudian melakukan pengumpulan data dengan menganalisa waktu proses dalam setiap lemen kerja, melakukan pengolahan data, menganalisis hasil pengolahan data dan terakhir menyimpulkan hasil penelitian.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan SNQ kepada tenaga kerja bahian finishing kemudian mengamati aktivitas operator dalam menyelesaikan pekerjaannya lalu mengukur produktifitas tenaga kerja. Dengan mengetahui produktifitas tanaga kerja maka diperoleh waktu standar tenaga kerja dalam pnyelesaian dibagian finishing. Kemudian digunakan untuk menghitung waktu total pengerjaan berdasarkan jumlah permintaan produk, sehingga dapat diketahui jumlah tenaga kerja yang seharusnya dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar