Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Pengukuran Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) Pada Operator Pabrik Gambir PT. Ganpati Trading

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Pengukuran Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) Pada Operator Pabrik Gambir PT. Ganpati Trading. PT.Ganpati Trading adalah suatu perusahaan industri yang bergerak di bidang pengolahan daun gambir. Perusahaan ini memproduksi barang setengah jadi untuk diolah kembali untuk dijadikan berbagai kegunaan seperti pewarna kain, obat- obatan, kosmetik, pelunak kulit, dan lain- lain.

Perusahaan ini beroperasi dengan menggunakan mesin/peralatan yang semi modern. Pekerjaan dilakukan secara manual untuk mengangkat daun gambir kedalam truk, proses penimbangan, memasukkan daun gambir kedalam mesin cutting, memasukkan daun gambir ke mesin pengering, memasukkan daun gambir ke mesin penggiling, menimbang dan mempacking daun gambir tersebut kedalam karung untuk dikirim ke Medan. REBA adalah metode yang berguna dalam pengukuran resiko pada pemindahan material secara manual. Untuk mengetahui gangguan postur tubuh yang terjadi pada karyawan maka dipergunakan metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) yaitu metode yang digunakan untuk menganalisa pekerjaan berdasarkan posisi tubuh.

Metode ini didesain untuk mengevaluasi pekerjaan atau aktivitas, dimana pekerjaan tersebut memiliki kecenderungan menimbulkan ketidaknyamanan seperti kelelahan pada leher, tulang punggung, lengan dan sebagainya. Dari hasil pengamataan yang telah dilakukan terdapat beberapa posisi kerja yang tidak ergonomis. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan metode kerja oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar