Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PTPN III PKS Rambutan T.Tinggi

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PTPN III PKS Rambutan T.Tinggi. Perusahaan PTPN III PKS Rambutan T.Tinggi merupakan perusahaan yang mengolah buah kelapa sawit menjadi minyak sawit Crude Palm Oil dan inti Palm Kernel. Perusahaan ini membutuhkan suatu penilaian kinerja karyawan yang lebih baik sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lebih baik pula.

Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan cara menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, sehingga dapat dilihat faktor mana yang lebih berpengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan PTPN III PKS Rambutan T.Tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu faktor individu, faktor psikologis dan faktor organisasi dianalisis dengan Proses Hierarki Analitik (AHP). Pengolahan data dengan AHP digunakan karena dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dengan beragam kriteria. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara, pengamatan dan kuesioner sebagai alat pengumpul data.

Penyebaran kuesioner dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama, kuesioner pendahuluan digunakan untuk memberikan pendapat setuju/tidak setuju dan memberikan usulan penambahan atau pengurangan kriteria kinerja. Tahap kedua kuesioner pembobotan untuk mengetahui faktor yang dominan menurut para karyawan. Berdasarkan penelitian hasil yang diperoleh dari ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, faktor psikologis memiliki pengaruh paling besar dengan bobot prioritas 39.29%. Faktor organisasi berada di urutan kedua dengan bobot prioritas 31.93% dan di urutan ketiga adalah faktor individu dengan bobot prioritas 28.88%.

Sub-sub faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yang memiliki bobot prioritas tertinggi adalah kepemimpinan dari faktor organisasi dengan bobot prioritas 13.51%. Sub faktor yang memiliki pengaruh dominan lainnya adalah motivasi (12.9%), kepuasan kerja (12%) dari faktor psikologis, sistem penghargaan (8.93%) dari faktor organisasi, pengalaman kerja (8.14%), keterampilan (7.78%) dan kemampuan (6.64%) masing-masing dari faktor individu. Perbandingan bobot prioritas faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja menunjukkun prioritas tertinggi merupakan faktor yang dominan terhadap kinerja karyawan PTPN III PKS Rambutan T.Tinggi yang diharapkan dapat dipakai pihak perusahaan dalam peningkatan kualitas kinerja karyawan dan meningkatkan produktivitas kerja yang pada akhirnya juga meningkatkan produktivitas perusahaan. Meskipun beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja hasil analisis memiliki bobot faktor yang relatif rendah namun faktor-faktor tersebut saling mendukung dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar