Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Penentuan Faktor-faktor Yang Paling Berpengaruh Dalam Perolehan Persentase Rendemen Crude Palm Oil (CPO) Dengan Metode Analisa Varians (ANAVA) Pada Stasiun Rebusan di Pabrik Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Unit Adolina

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Penentuan Faktor-faktor Yang Paling Berpengaruh Dalam Perolehan Persentase Rendemen Crude Palm Oil (CPO) Dengan Metode Analisa Varians (ANAVA) Pada Stasiun Rebusan di Pabrik Kelapa Sawit PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Unit Adolina.

Standar rendemen Crude Palm Oil (CPO) pada pabrik kelapa sawit Kebun Adolina PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) merupakan hal yang sangat penting ditentukan dalam mencapai dan mempertahankan target produksi. Rendemen merupakan perolehan dari minyak sawit mentah/crude palm oil (CPO) ataupun inti sawit/palm kernel dari proses pengolahan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di pabrik yang dibandingkan dengan jumlah tandan buah segar (TBS) yang diolah yang dinyatakan dalam satuan persen.

Standar rendemen yang ditentukan oleh perusahaan adalah 23-23,50%, dengan sistem perebusan dua atau tiga peak. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam perolehan rendemen dalam kegiatan produksi crude palm oil (CPO) adalah puncak/peak rebusan (sterilizer), tekanan back pressure vessel (BLV) dan waktu perebusan setiap kombinasi level perlakuan dalam perhitungan ANAVA tentunya akan menghasilkan rendemen yang berbeda pula. Pada Tugas Sarjana ini, dilakukan suatu eksperimen untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil rendemen dalam proses produksi. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui faktor mana yang paling mempengaruhi dalam menghasilkan rendemen.

Penentuan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menghasilkan rendemen dilakukan dengan menggunakan metode Analisa Varians (ANAVA). Pada metode ini, percobaan dilakukan dengan mengkombinasikan perlakuan-perlakuan dengan level yang berbeda-beda pada saat proses perebusan (sterilizer) sehingga hal ini akan memberikan hasil persentase rendemen yang berbeda-beda pula.

Dari perhitungan yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa faktor yang memberikan efek yang signifikan terhadap perolehan rendemen Crude Palm Oil (CPO) yaitu puncak (peak) rebusan. Hal ini dapat terlihat dari Fhitung (F0,05 (1:32) = 4,15 < Fhitung = 7,27). Sementara faktor-faktor lainnya seperti waktu perebusan dan tekanan back pressure vessel (BPV) tidak berpengaruh terhadap perolehan rendemen karena masing-masing faktor memiliki Ftabel lebih besar dariFhitung, yang masing-masing Fhitungnya adalah 0,73 dan 1,60.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar