Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Perancangan Sistem E-Learning Di Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Perancangan Sistem E-Learning Di Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara. Sistem perkuliahan di Departemen Teknik Industri USU masih menggunakan sistem perkuliahan yang konvensional, yaitu memerlukan kehadiran mahasiswa dan dosen secara fisik di ruang perkuliahan. Sistem konvensional yang selama ini digunakan berjalan dengan cukup lancar, kecuali bahwa jalannya perkuliahan dirasa berjalan terlalu pasif dari pihak mahasiswa.

Hal ini disebabkan oleh mahasiswa seringkali tidak mengetahui satuan acara perkuliahan dan materi perkuliahan yang akan dibahas pada saat perkuliahan. Akibatnya, mahasiswa tidak mempersiapkan dirinya untuk mengikuti kuliah. Sikap pasif ini mencerminkan suasana perkuliahan yang belum optimal. Ide pemanfaatan jaringan internet sebagai salah satu solusi dari masalah di atas perlu dipertimbangkan dan dikaji lebih mendalam. Pembuatan suatu sistem portal (website) e-learning dapat menjadi jawaban bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan satuan acara perkuliahan dan materi kuliah dengan menggunakan media internet.

Selain itu sistem portal ini bisa menjadi semacam one-stop service bagi semua elemen yang terdapat di Departemen Teknik Industri USU untuk mendapatkan informasi terkini tentang departemen, mulai dari berita, jadwal kuliah, materi kuliah, koleksi buku perpustakaan, informasi tentang laboratorium, hingga daftar mahasiswa yang sedang ataupun telah mengikuti kerja praktek dan tugas akhir. Data yang akan diambil dalam perancangan sistem portal ini merupakan data sekunder, yaitu data yang diambil berdasarkan catatan-catatan departemen dan perpustakaan yang berhubungan dengan data yang dibutuhkan.

Data yang dikumpulkan, digunakan untuk menguji hasil perancangan sistem portal e-learning melalui jaringan internet. Metode perancangan sistem yang digunakan ialah metode systems engineering dikombinasikan dengan metode Structured Analysis and Design Technique (SADT) yang sangat cocok diimplementasikan pada perancangan sistem berbasis sistem informasi. Sistem yang dirancang merupakan suatu website (situs) e-learning yang memiliki content dan fitur yang bervariasi seperti menu Home (menu yang menjadi halaman terdepan sebelum pengunjung dapat mengakses menu lainnya), Berita (pemberitaan akan isu-isu terbaru mengenai departemen), Forum (ajang diskusi antar mahasiswa ataupun dosen tentang disiplin ilmu teknik industri), Jadwal Kuliah (jadwal perkuliahan di Departemen Teknik Industri USU), Mata Kuliah (tempat mengakses satuan acara perkuliahan dan materi perkuliahan), Perpustakaan (penelusuran terhadap koleksi perpustakaan departemen Teknik Industri USU), Laboratorium (akses ke informasi dari setiap laboratorium departemen Teknik Industri USU), Kerja Praktek dan Tugas Akhir (daftar mahasiswa Teknik Industri USU yang sedang ataupun telah mengikuti kerja praktek dan tugas akhir). Sistem portal e-learning ini dapat dimanfaatkan dan diakses setiap saat oleh semua anggota departemen khususnya dan umumnya pengguna internet di seluruh dunia. Sistem ini dapat menjadi salah satu solusi yang layak untuk mendukung perkuliahan di Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar