Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Penilaian kinerja karyawan pada sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Penilaian kinerja yang dilakukan perusahaan sekarang ini terhadap karyawannya hanya melihat dari segi financial dengan menilai kinerja perusahaan berdasarkan jumlah penjualan dan profit yang dihasilkan perusahaan.

Penilaian dengan hanya mengambil satu perspektif ini saja sebenarnya belum cukup, mengingat hal itu akan memfokuskan rencana strategis perusahaan untuk satu tahun dan mengabaikan sudut pandang non-finansial yang sebenarnya dapat lebih mengembangkan perusahaan karena melihat kinerja karyawan berdasarkan karakteristik dasar sifat dari setiap karyawan terhadap pekerjaannya dan dapat dinilai untuk setiap bulannya.

Dengan dasar ini maka dibutuhkan suatu penilaian kinerja karyawan yang berdasarkan kompetensi dan dapat dengan mudahnya untuk dinilai. Penelitian ini membahas tentang sistem penilaian kinerja karyawan yang dilakukan di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, khususnya Cash Outlet Medan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk karyawan tetap. pemberian insentif di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cash Outlet Medan Universitas Sumatera Utara (USU) tersebut tidak sudah cukup baik tapi tdak didasarkan atas kinerja karyawan yang berbasis kompetensi.

Untuk sebagai bahan perbandingan dirancang sistem penilaian kinerja karyawan berbasis kompetensi, khususnya kompetensi Spencer. Dimensi penilaian Spencer. Kemudian kriteria diolah dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sebagai model pengambilan keputusan mengenai pembobotan yang masukannya dapat berupa kuantitatif maupun kualitatif. Hasilnya bobot kemampuan karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cash Outlet Medan Universitas Sumatera Utara (USU) terbagi atas: kemampuan manajerial (25.33%) dan kemampuan teknik (74.66%). Kemampuan manajerial terdiri dari: fleksibilitas (5.01%), percaya diri (12.11%), pengendalian diri (2.95%), kerjasama kelompok (3.12%), dan empati (2.14%). Sedangkan kemampuan teknis terdiri dari: berpikir analitis (9.55%), proaktif / inisiatif (53.59%), komitmen terhadap organisasi (0.76%), orientasi kepuasan pelanggan (1.91%), dan semangat berprestasi (8.85%). Dari penelitian tersebut sistem insentif yang tepat adalah sistem insentif pembagian laba, dimana insentif yang diterima berdasarkan pada peningkatan kinerja karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar