Rabu, 09 Oktober 2013

Skripsi T Industri Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas Produksi untuk Meminimisasi Material Handling di PT. Sinar Makmu

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas Produksi untuk Meminimisasi Material Handling di PT. Sinar Makmu. PT. Sinar Makmur merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan kayu yaitu memproduksi pintu. Pada saat ini, PT. Sinar Makmur memiliki permasalahan pada tataletak lantai produksinya.

Kondisi tersebut dapat dilihat dari jauhnya jarak pemindahan bahan dan aliran material yang tidak beraturan. Jarak perpindahan yang semakin jauh tentunya akan memperbesar total momen perpindahan bahan. Kelemahan tataletak perusahaan saat ini dapat dilihat juga dari jauhnya jarak perpindahan antar departemen yang memiliki hubungan keterkaitan yang tinggi. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari tataletak lantai produksi, maka dilakukan perancangan ulang terhadap tataletak yang telah ada dengan mempertimbangkan besarnya total momen perpindahan material dari satu departemen ke departemen lainnya pada proses pembuatan pintu Colonial 8P. Metode yang digunakan dalam perancangan tataletak yang baru adalah metode Systematic Layout Planning (SLP).

Metode SLP dilakukan dengan menggambarkan aliran material pada proses produksi, menggunakan Multi Product Process Chart dan Travel Chart. Selanjutnya dibuat Activity Relationship Chart yang menggambarkan hubungan aktivitas antar departemen. Tahap selanjutnya adalah menggambarkan Activity Relationship Diagram dan diagram hubungan ruangan. Perancangan ulang tataletak menghasilkan empat alternatif tataletak yang lebih baik dari tataletak awal. Rancangan alternatif tataletak yang dipilih sebagai tataletak usulan adalah rancangan yang memiliki total momen perpindahan terkecil yaitu rancangan alternatif III dengan total momen perpindahan bahan sebesar 89.470,5 meter perpindahan per tahun. Rancangan alternatif tataletak ini meningkatkan efisiensi kegiatan pemindahan bahan sebesar 25,486%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar