Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Analisis Postur Tubuh Ditinjau Dari Segi Ergonomi di Bagian Pengemasan Pada PT. Kimia Farma (Persero), Tbk Plant Medan

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Analisis Postur Tubuh Ditinjau Dari Segi Ergonomi di Bagian Pengemasan Pada PT. Kimia Farma (Persero), Tbk Plant Medan. PT. Kimia Farma (Persero) Tbk Plant Medan adalah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, memproduksi berbagai macam obat obatan dan alat kosmetik bagi wanita. Produk dari perusahaan ini banyak kita jumpai beredar dipasaran dan tentunya dengan kualitas yang telah teruji kebersihan dan khasiatnya. Di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk Plant Medan proses pengemasan obatnya masih dilakukan secara manual, oleh karena itu kenyaman operator harus diperhatikan.

Salah satu bentuk perhatian pada operator adalah dengan memberikan kenyamanan dalam bekerja, sehingga operator dapat memberikan produktivitas yang baik bagi perusahaan. Saat ini terdapat beberapa keluhan yang dirasakan operator ketika bekerja, dan hal itu akibat kurang ergomonisnya kursi yang digunakan oleh operator ketika bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu masukan perbaikan metode kerja kepada perusahaan dengan memakai kursi yang ergonomis, agar operator tidak merasa cepat lelah.

Tetapi sebelum memberikan masukan perlu dilakukan penelitian terhadap operator tersebut, penelitian dilakukan dengan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment) yaitu metode penelitian yang menginvestigasi gangguan dan keluhan tubuh bagian atas. Postur kerja operator dinilai sehingga diketahui sejauh mana level tindakan yang perlu diambil. Dari hasil pengolahan data terdapat 12 aktivitas dalam kegiatan pengemasan obat, diantara ke 12 aktivitas tersebut ada 4 aktivitas yang dianggap memiliki level resiko tinggi untuk pekerjaan mereka.

Dikatakan level tinggi karena jika dilakukan untuk jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan ketidaknyamanan. Dengan menggunakan fasilitas kerja yang ergonomis apabila operator melakukan aktivitas dalam posisi duduk untuk jangka waktu yang lama diharapkan dapat mengurangi kelelahan dan rasa sakit yang timbul akibat postur kerja yang tidak rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar