Kamis, 10 Oktober 2013

Skripsi T Industri Penentuan Umur Ekonomis Mesin Extruder Dengan Menggunakan Metode Biaya Tahunan Rata-Rata Pada PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate

Download Kumpulan Contoh Proposal dan Skripsi Teknik Industri Lengkap – Penentuan Umur Ekonomis Mesin Extruder Dengan Menggunakan Metode Biaya Tahunan Rata-Rata Pada PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate. PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Pengolahan dan Perkebunan karet. Perusahaan tidak akan berproduksi tanpa adanya mesin-mesin produksi.

Apabila salah satu mesin tidak dapat beroperasi dengan semestinya maka akan mengganggu kelancaran produksi. Kerusakan pada mesin tidak dapat ditentukan waktunya dengan pasti, hanya dapat diperkirakan dengan menentukan umur ekonomis mesin tersebut. Mesin yang dibahas dalam penelitian ini adalah mesin extruder.

Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah tingginya jumlah produk yang cacat, sehingga diperlukan pengendalian proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan Umur Ekonomis Mesin Extuder, menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan mesin, mengetahui besarnya depresiasi terhadap biaya tahunan, penentuan pengembalian modal, menentukan biaya tahunan mesin dan menentukan biaya Down Time mesin Metodologi penelitian ini terdiri dari lokasi dan waktu penelitian, rancangan penelitian, metode pengumpulan data dan metode pengolahan data Tahap pengolahan data pada penelitian ini dimulai dari menentukan investasi mesin, menentukan biaya-biaya pemakaian mesin, data tingkat bunga (MARR).

Setelah data didapat maka dilakukan pengolahan dengan mencari perhitungan pengembalian modal, perhitungan suku cadang bahan bakar untuk energi, down time dan upah tenaga kerja. Setelah data diatas diolah kemudian dilakukan penganalisaan biaya operasi dan down time kemudian diramalkan.

Dari hasil penganalisaan diatas dapat dicari pada tahun keberapa mesin tersebut ekonomis dan berapa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah total biaya tahunan rata-rata minimum untuk mesin adalah umur ekonomis mesin extruder dengan total biaya tahunan rata-rata Rp 26.631.403,- dan terdapat pada tahun ke-17, depresiasi mesin tersebut Rp 3.450.000,- biaya down time meningkat tiap tahun, pengembalian modal setelah 20 tahun Rp 15.424.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar